Cara Mendidik Anak

Cara Mendidik Anak

Mendidik anak merupakan tugas yang berat bagi orang tua. Bayangkan saja bahwa tugas mendidik ini tanggung jawabnya sangat luar biasa, karena menyangkut bagaimana masa depan si anak. Apakah akan menjadi anak yang baik dalam pengertian menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Maka pengetahuan dan pemahaman tentang cara mendidik anak bagi orang tua menjadi amat sangat penting. Anak adalah harta simpanan orang tua yang paling berharga. Orang tua bekerja keras untuk mencari harta benda, salah satu tujuan utamanya adalah untuk mencukupi segala kebutuhan anaknya, agar anaknya mendapatkan sekolah yang bermutu, dan lain sebagainya.

2 Cara Sederhana Mendidik Anak

Artikel sederhana ini akan memberikan gambaran singkat bagaimana cara mendidik anak. Berikut adalah urainnya.

Orang Tua adalah Contoh

Anak akan meniru apa yang ada di lingkungan ia berada. Dan ini tentu sesuatu yang amat sangat penting, karena lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak. Sehingga bagaimana perilaku anak ke depannya, sangat dipengaruhi oleh bagaimana ia diperlakukan oleh orang tuanya.

Mendidik anak menjadi anak yang baik harus dimulai dari orang tua yang berusaha untuk mendidik dirinya menjadi orang yang baik dan mencintai kebaikan.

Jangan pernah berharap besar anak akan menjadi anak yang baik jika tidak didukung oleh orang tua yang berusaha memperbaiki dirinya secara terus menerus.

Oleh karena itu, kunci pertama yang harus dilewati orang tua saat ingin mendidik anak adalah dengan menjadi orang tua yang baik sehingga anak-anak bisa mencontoh dan mendapatkan akhlak yang baik dari orang tuanya.

Ingat bahwa ada pepatah yang menyatakan, Buah Jatuh tidak Jauh dari Pohonnya. Perilaku anak biasanya mengikut dengan perilaku orang tua.

Mendidik Sejak Dini

Pendidikan harus dilakukan sejak masa dini. Saat anak-anak masih kecil orang tua harus berusaha menanamkan budi pekerti atau akhlakul karimah kepada buah hatinya.

Ada sebuah nasehat yang patut diingat bahwa membentuk pohon bambu itu dimulai sejak masih berupa rebung. Karena kalau sudah besar, maka pohon bambu itu sudah susah dibentuk karena sudah keras.

Begitu pula dengan analogi sederhana untuk anak-anak. Anak biasanya akan susah untuk dididik dengan budi pekerti yang luhur jika sudah beranjak remaja dan dewasa. telah tertanam nilai-nilai dalam hidupnya. Sehingga jika orang tua ingin membentuknya maka biasanya akan sangat susah.

Orang tua harus betul-betul memperhatikan hal ini. Makanya dalam dunia medis terutama yang menyangkut parenting dikenal istilah golden age bagi masa perkembangan anak. Di masa inilah anak-anak harus ditanamkan nilai-nilai yang baik karena anak akan belajar banyak hal pada fase ini secara cepat.

Baca juga: Cara Membentuk Keluarga Islami

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mendidik anak yang bisa dilakukan oleh orang tua. Ini merupakan hal yang sederhana, namun dua poin ini cukup memberikan pengingat bagi orang tua bahwa mendidik anak merupakan hal yang sangat penting; baik dari segi persiapan orang tua sendiri ataupun memperhatikan pada fase yang sangat penting memperhatikan pola perkembangan anak. Demikian. [lifeiskulayful.net]

Cara Mendidik Anak | indrawirawanm | 4.5