Lulusan Desain Grafis Diminta Berwirausaha

Salah satu industri yang sangat berkembang saat ini adalah industri periklanan (advertising). Ini tidak lain disebabkan tumbuh suburnya media-media komunikasi yang memang merupakan corong informasi kepada konsumen.

Industri iklan ini dulunya hanya sebatas pada multimedia konvensional saja, namun sekarang sudah beralih ke era digital.

Tentu ini merupakan tantangan baru sekaligus peluang baru. Maka kemampuan untuk terus belajar sangat dibutuhkan.

Bekal yang sangat dibutuhkan selain ilmu-ilmu desain grafis yang sifatnya teknis, juga dibutuhkan kreativitas, inovasi dan kemampuan untuk mengikuti perkembangan. Harus up to date dan mengikuti trend.

Bagi mahasiswa lulusan desain grafis atau bahkan sementara masih berada di bangku kuliah, tidak diharapkan hanya bekerja di perusahaan. Tetapi juga terjun langsung untuk berusaha sendiri (wiraisaha).

Kreativitas yang mereka miliki adalah sebuah modal besar. Sehingga perlu untuk terus dikembangkan.

Dan sungguh sangat disayangkan jika mahasiswa lulusan desain grafis pada saat lulus dan bekerja malah tidak bekerja di bidang desain grafis. Semisal, mereka bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan background mereka semasa di bangku kuliah.

Ini tentu sebuah kerugian yang tidak sedikit dan proses untuk belajar dari awal (dari nol) akan mereka geluti jika tidak demikian.

Tidak Perlu Skill Terlalu Banyak, yang Penting Mencoba Dulu

Saat terjun dalam dunia wirausaha tidak diperlukan untuk menguasai semua skill atau bidang ilmu terkait dengan desain grafis.

Cukup mempraktekkan apa yang dimiliki dan diketahui saat ini. Sebab skill biasanya akan mengikut dan terasah jika sudah menggeluti.

Selain itu, biasanya ada bias antara teori yang dipelajari di bangku kuliah dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Apa yang dipelajari di bangku kuliah bisa saja kurang atau bahkan tidak lagi diminati dan digunakan dalam dunia pengiklanan.

Contoh misalnya, di perusahaan jasa desain grafis Makassar menawarka jasa desain grafis. Mulai dari desain grafis, kemasan produk, pembuatan video profile dan pembuatan atau jasa bikin video Makassar.

Peluang ini dirasa sangat besar, sebab perusahaan atau usaha yang baru berkembang memerlukan sejumlah identitas berupa logo atau company profile sehingga peluang ini akan terus ada.

Demikianlah bahwa skill desain grafis yang dimiliki hendaknya dipergukana semaksimal mungkin. Sebab modal besar sudah berada di tangan berupa pengetahuan teknis dan kreativitas yang mahal.

Kerugian jika tidak digunakan atau tidak pernah dicoba untuk diaplikasikan secara mandiri dalam bentuk berwirausaha.

Lulusan Desain Grafis Diminta Berwirausaha | Jhason Mraz | 4.5